Indonesia Halal Tourism

Hi Travellers!
Udah tau kan tentang Pariwisata Halal?
Kalo belum, jangan khawatir karena di sini aku akan sharing tentang Pariwisata Halal nih.

Pariwisata halal adalah bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan muslim yang pelayanannya merujuk pada aturan-aturan islam (Muslim Friendly) . Sering banget banyak pertanyaan yang di ajukan, yaitu apakah Pariwisata Halal ini hanya ditujukan oleh masyarakat muslim saja?
Tentu jawabannya tidak dong karena pengertian halal sendiri memiliki makna aman, bersih dan nyaman dan pastinya bisa di jangkau oleh siapa saja.  
Pariwisata halal ini sendiri menjadi salah satu segmen pariwisata tebesar dilihat dari jumlah wisatawan yang terus meningkat. Hal ini menjadi aspek besar untuk menambah devisa negara karena berimbas juga pada belanja wisatanya yang ikut mengalami peningkatan dimulai dari pembelian tiket pesawat, penginapan dan akomodasi lainya yang diperkurakan melonjak hingga 4.200 triliun atau US$300  pada 2026.

Indonesia juga menjadi salah satu yang memiliki wisman terbesar dengan peringkat kedua terbanyak di dunia. Tahun 2019 ini, Indonesia menorehkan prestasi yang berhasil di raih oleh negara kita yang berhasil meraih posisi terbaik nomor satu dunia versi GMTI (Global Muslim Travel Index) 2019 yang diumumkan oleh CrescentRating – Mastercard setelah lima tahun fokus dalam pengembangan Pariwisata Halal. Wah bangga banget yaaa! 

Nah sebagai acuan untuk memasivkan Pariwisata Halal Indonesia hingga mencapai posisi saat ini, kita juga punya Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) yang telah diresmikan bulan Januari 2019.


Launching Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 
bersama menteri Pariwisata Indonesia, Bapak Arif Yahya

Apasih perbedaan dari Pariwisata Halal dengan Pariwisata pada umumumnya?
Perbedaannya terletak dari fasilitas yang tentunya menyedikan 3A ( Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas) untuk wisatawan muslim seperti ketersediaan tempat ibadah, ketersediaan air di toilet dan kemudahan memperoleh makanan halal (Non-Pork).

Lalu, bagaimana cara pemerintah untuk mengembangkan Pariwisata Halal di Indonesia?
Indonesia memiliki 10 destinasi wisata prioritas diantaranya
1. Lombok, Nusa Tenggara Barat.
2. Aceh
3. Jakarta
4. Sumatera Barat
5. Yogyakarta
6. Malang Raya (Jawa Timur)
7. Jawa Tengah
8. Jawa Barat
9. Riau - Kepulauan Riau
10. Sulawesi Selatan

Nah setelah postingan ini, aku akan bahas 5 Destinasi Pariwisata Halal :)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sastra Indonesia Angkatan 70'an

Makalah Penelitian Keterbacaan

Duta Universitas Negeri Jakarta