DUTA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA SEBAGAI GARDA TERDEPAN CITRA POSTIF KAMPUS





Pada tahun 1999 Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta telah berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta. Sejak saat itu, Universitas yang semula berkonsentrasi untuk mencetak tenaga pendidik (Sarjana Pendidikan), terbagi menjadi dua fokus, yaitu  Pendidikan dan Non Kependidikan (Ilmu Murni) yang terdiri dari 8 Fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan; Fakultas Ilmu Sosial; Fakultas Bahasa dan Seni; Fakultas Ilmu Keolahragaan; Fakultas Teknik; Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; Fakultas Ekonomi; dan Fakultas Ekonomi, serta Program Pasca Sarjana. 
Dalam membangun Citra Positif kampus, Universitas Negeri Jakarta memiliki Duta Universitas di bawah naungan UPT HUMAS UNJ. Duta Universitas Negeri Jakarta pertama kali pada tahun 2012, hingga saat ini Duta UNJ telah memiliki 4 generasi dan akan segera melakukan Pemilihan Duta UNJ 2016 (Generasi ke 5). Setiap tahun akan terpilih 12 orang mahasiswa terdiri atas 6 orang Duta Putra dan 6 orang Duta Putri yang berasal dari berbagai Fakultas  dan angkatan di Universitas Negeri Jakarta.
Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof.Dr.Djaali sewaktu menyampaikan sambutan (27/11/16) sangat mengapresiasi adanya Duta Universitas Negeri Jakarta, “Duta Universitas Negeri Jakarta mempunyai peran penring sebagai garda terdepan untuk membangun citra positif kampus,” tuturnya.
Adapun tugas dari Duta Universitas Negeri Jakarta, yaitu  sebagai Icon atau representative untuk membangun Citra Positif Kampus, menjadi MC dalam berbagai acara mulai dari tingkat Nasional hingga Internasional, Eschort (mendampingi) tamu yang berasal dari Dalam Negeri maupun Luar Negeri, Protokoler,  Kunjungan ke berbagai Sekolah atau Instansi Pendidikan, selain 5 tugas di atas, Duta Universitas Negeri Jakarta pun memiliki tugas untuk memberikan Pelayanan Informasi seputar Universitas kepada masyarakat.
Berikut merupakan nama-nama Duta Universitas Negeri Jakarta 2015 yang bertugas ditahun 2016:
Putra
1.      Michael Chornelis Orno, Fakultas Ekonomi 2014
2.      Mirdas Al Asy'Ary, Fakultas Ilmu Pendidikan 2013
3.      Marwan Fitranansya, Fakultas Bahasa dan Seni 2013
4.      Ramdhani Murdiana, Fakultas Ekonomi 2012
5.      Markus Sitorus, Fakultas Ilmu Sosial 2013
6.      Muhammad Saprudin, Fakultas Ilmu Sosial 2012



Putri
1.      Sabrina Geavani, Fakultas Bahasa dan Seni 2013
2.      Riska Yuvista, Fakultas Bahasa dan Seni 2014
3.      Rizky Soraya Diva, Fakultas Bahasa dan Seni 2013
4.      Mifta Putri Apriyani, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2014
5.      Diana Rosca Apria, Fakultas Bahasa dan Seni 2013
6.      Arini Sabila Hidayatika, Fakultas Ilmu Pendidikan 2013

Duta Universitas Negeri Jakarta terpilih atas tiga seleksi dan telah mendapat banyak pelatihan, yaitu tahap pertama seleksi berkas dan wawancara, tahap kedua Introductory Speech dan Foccus Group Discussion, tahap ketiga deep interview, simulasi pelayanan dan tes kemampuan berbahasa asing. Selain itu, Duta UNJ pun mendapat banyak pelatihan antaralain public speaking, keprotokoleran dan masih banyak lagi. Hal ini membuktikan bahwa Duta UNJ tidak hanya pandai diakademik, tetapi juga harus memiliki potensi yang baik pula di bidang non akademik. (Riska Yuvista)
                                                                                                                   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sastra Indonesia Angkatan 70'an

Makalah Penelitian Keterbacaan

Duta Universitas Negeri Jakarta