HATTA RAJASA MENDUKUNG SOSIALISASI PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR



                                         Duta Bahasa DKI Jakarta Foto Bersama Hatta Rajasa

Minggu (02/10/16) Duta Bahasa DKI Jakarta di bawah naungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Sosialisasi Bahasa Indonesia melalui “Permen Kamus” di Hari Bebas Kendaraan Bermotor, Bunderan Hotel Indonesia.
Acara ini dimulai pukul 7 pagi dengan membagikan 1000 permen yang berisi kosakata Bahasa Indonesia yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Selain itu, Duta Bahasa DKI Jakarta turut mengajukan sejumlah pertanyaan kepada masyarakat terkait padanan kata yang sering digunakan dalam keseharian, seperti Selfie dalam bahasa Indonesia yaitu, Swafoto, begitu pun dengan kosa kata lainnya. Faktanya banyak masyarakat yang belum mengetahuinya dan justru merasa asing mendengar kosa kata tersebut. Seperti yang dikatakan oleh beberapa mahasiswa Universitas 17 Agustus yang tengah beraktifitas di sana, mereka mengatakan pernah mendengar kata tersebut namun belum menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari ada juga yang belum pernah mengetahuinya. 


Kegiatan ini mendapat dukungan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kebinet Indonesia Bersatu II yang menjabwat tahun 2009-2014, Ir.Muhammad Hatta Rajasa. Beliau mengatakan bahwa pentingnya penerapan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. “Kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan betul kita kuasai karena bahasa ini sangat kaya dan bisa berpotensi menjadi bahasa dunia. Ayo putra putri indonesia haruslah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan Benar,” tuturnya.
Bahasa Indonesia memiliki peran penting, selain menjadi Bahasa Nasional, Bahasa Indonesia pun menjadi alat pemersatu bangsa Indonesia dari 746 Bahasa Daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. “Harus kita akui, bangsa indonesia ini bisa bersatu salah satunya karena memiliki bahasa yang sama. Kita memiliki berbagai suku bahasa dan jangan sampai kita kehilangan jati diri kita,” ucap Hatta Rajasa. Riska Yuvista



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sastra Indonesia Angkatan 70'an

Makalah Penelitian Keterbacaan

Duta Universitas Negeri Jakarta