Menjadi BEMJ BSI yang Professional



“CONFIDENT”
Oleh Riska Yuvista
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan oraganisasi yang berada di perguruan tinggi, salah satunya di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). BEM di perguruan tinggi tersebut memiliki beberapa tingkatan yaitu tingkat Universitas (BEM UNJ), tingkat Fakultas (BEMF) dan tingkat jurusan (BEMJ). Masing-masing organisasi dari setiap tingkatan tersebut memiliki Visi dan Misi sendiri. Sama halnya dengan salah satu BEMJ di UNJ yaitu Bandan Eksekutif Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (BEMJ BSI) yang juga memiliki Visi dan Misi.
 Tidak hanya itu, setiap anggota juga harus memberikan konstribusi yang baik untuk kemajuan organisasi maupun jurusan. Untuk menciptakan sebuah organisasi yang professional di perlukan juga anggota-anggota yang mampu memberikan inovasi baru, ide-ide yang kreatif, kemauan, kemampuan serta memiliki dedikasi untuk menciptakan BEMJ BSI yang professional.Tentu tidak mudah untuk membangun organisasi yang professional.  Seperti yang kita ketahui, sikap professional sangat di pengaruhi oleh tingkat pemikiran dari masing-masing individu.,Apakah individu tersebut memiliki niat, loyalitas, integeritas untuk membangun organisasi yang maju atau tidak. Tidak semua orang bisa bersikap secara professional. Arti professional sendiri yaitu, dengan tidak mencampur adukan urusan pribadi dengan urusan lain. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai Professional dalam bidang organisasi. Point sebelumnya yaitu Menjadikan BEM J BSI yang professional. 
Menciptakan (membangun) sebuah organisasi yang professional bukanlah sesuatu yang mudah, ada step by step yang perlu di tempuh. Mulai dari diri masing-masing anggota, setiap anggota pasti memegang satu bidang dan berkewajiban untuk bertanggung jawab atas tugasnya serta mampu bersikap professional, professional yang dimaksud adalah dengan tidak mencampur adukan atau menghubung-hubungkan kepentingan pribadi atau kepentingan lainnya (diluar kepentingan BEM) dengan organisasi yang dijalani, hal tersebut dapat menyebabkan suatu organisasi tidak dapat berkembang dengan baik dan akan menunda setiap program kerja (PROKER) yang ada, secara otomasis akan berdampak langsung pada organisasi tersebut. Di butuhkannya kerja sama antar anggota, seperti yang kita ketahui sebuah organisasi tidak akan mampu berdiri kokoh tanpa adanya kerjasama yang baik, kerja sama di butuhkan untuk menjalin relasi antar anggota untuk saling membantu satu sama lain, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap anggota pasti telah memegang tugas masing-masing dan tanggung jawab masing-masing, maka dari itu kerjasama itu penting, dengan adanya kerja sama yang baik dapat mempermudah pekerjaan terutama dalam menjalankan sebuah event. Dengan adanya kerjasama yang baik dapat memperlancar jalannya acara tersebut. Selain itu dibutuhkannya komunikasi satu sama lain. Kebanyakan sebuah organisasi tidak maju atau kurang berkembang di karenakan kurangnya komunikasi yang menyebabkan Miss Communication, Komunikasi yang baik akan menciptakan atmosphere yang baik juga, dan membangun relasi antar semua anggota maupun dari pemimpin menjadi satu pandang, sehingga satu sama lain akan lebih mengerti terhadap hal yang akan di selenggarakan, karena arti dari organisasi itu sendiri adalah sekelompok orang yang memiliki aturan dan tujuan.
Tergabung dalam sebuah organisasi (BEM) berarti kita siap untuk menjadi orang yang bisa memberikan contoh bagi mahasiswa yang lain, pemimmpin bukan hanya seorang ketua, melainkan setiap anggota dari organisasi adalah pemimpin, sementara ketua adalah orang yang diamanatkan serta dipercaya  untuk mengepalai organisasi tersebut, sekaligus telah menjadi menjadi pemimpin bagi mahasiswa di jurusan (Jika tergabung dalam organisasi ruang lingkup jurusan). Arti pemimpin berdasarkan cara pandang Ki Hajar Dewantara yaitu, jika di depan  ia memberikan contoh, di tengah memberikan motivasi dan di belakang memberikan dorongan atau support.
Organisasi bisa dikatakan Professional apabila mampu mencapai tujuan mereka, sebuah organisasi di katakan professional atau tidaknya bisa di nilai dari cara organisasi tersebut dalam mencapai tujuan tersebut. di sini terdapat beberapa hal yang dapat menciptakan ke professional sebuah organisasi sebut saja dengan ‘CONFIDENT’ yang terdiri dari Commitement, Orientation, Nationalism, Fair, Intelectual, Dedication, Etict, Togetherness. Commitment (tanggung jawab) artinya jika kita telah berkomitmen untuk tergabung dalam sebuah organisasi berarti  siap untuk bertanggung jawab atas apa segala konsekuensi yang akan di hadapi, Orientation (berpandangan kedepan) apabila kita memiliki pandangan kedepan dalam arti mampu berfikir untuk kemajuan di kemudian hari akan mempermudah untuk menjalani sesuatu tanpa salah langkah “Bukalah pola fikir anda melampaui hal yang ada difikiran anda, maka anda akan mengetahui apa yang dapat anda lakukan sebelum pencapaian itu bisa anda genggam’. Nationalism (Kebangsaan) yaitu memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa lewat organisasi tersebut.  Fair (adil) tidak membeda-bedakan antara satu sama lain, Intelectual (orang yang menggunakan kecerdasannya untuk bekerja). Dedication (dedikasi) bersedia mengorbankan waktu,tenaga, pemikiran untuk kemajuan atau keberhasilan, bisa juga berarti pengabdian untuk melaksanakan cita-cita atau tujuan organisasi tersebut dan dipelukan adanya sebuah keyakinan yang teguh, Etict (Etika atau kebiasaan) adanya tata cara dan tidak dilakukan semaunya, kebiasaan dalam menerapkan sesuatu sangat berpengaruh terhadap apa yang di kerjakan, dan Togetherness (Kebersamaan) akan menjadi pondasi yang sangat kokoh, bukan hanya dalam ruang lingkup organisasi saja, tetapi dalam segala aspek. Dengan adanya kebersamaan maka siapapun akan enggan untuk meninggalkan sesuatu hal dalam kebersamaan tersebut dan memilih untuk bertahan sehingga menciptakan pencapaian yang lebih baik.
BEMJ BSI yang professional dapat terwujud, apabila satu sama lain memiliki kemauan dan kemampuan serta besedia untuk menciptakan ke Professionalan tersebut. karena Sebuah organisasi tidak akan mampu berdiri dengan kokoh jika hanya satu atau beberapa satu pihak saja yang memiliki kemauan untuk memajukan, melaikan semua pihak ikut ambil untuk menciptakan   BEMJ BSI yang professional. Terima Kasih


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sastra Indonesia Angkatan 70'an

Makalah Penelitian Keterbacaan

Duta Universitas Negeri Jakarta