Kebiasaan yang Mendidik dan Mempengaruhi Tindakan Seseorang

Oleh Riska Yuvista

Judul Buku      : 7 Kebiasaan Manusia Yang Sangat Efektif
Pengarang       : Stephen R. Covey
Alih Bahasa     : Drs.Budijanto
Penerbit           : Binarupa Aksara
Cetakan           : Tahun 1994
Tebal Buku      : 341 Halaman
Didalam buku ini mencangkup pelajaran berharga untuk perubahan pribadi seperti Paradigma. Setiap orang memiliki pendangan barbeda dalam menilai suatu hal, sebagaimana cara kita memandang sesuatu adalah sumber dari cara kita berfikir dan bertindak. Paradigma seseorang sangat berhubungan dengan prinsip seperti Fairnes (keadilan), integritas, kejujuran yang menciptakan dasar kepercayaan yang esensial untuk kerjasama dan pertumbuhan pribadi. 
Berikut adalah 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif bagi kehidupan:
1.Jadilah Pro-Aktif semula berawal dari tingkat pemikiran manusia seperti Stimulus yang berpacu pada kebebasan untuk memilih brdasarkan kesadaran diri, imajinasi,suara hati dan kehendak kemudian menghasilkan respon. Karena yang terpenting bukanlahapa yang mereka kerjakan melainkan respon pilihan anda sendiri terhadap situasi dan apa yang seharusnya anda kerjakan..
2.Mulailah dengan akhir dalam fikiran. Untuk memulai hari ini dengan citra,gambaran atau paradigm dari akhir kehidupan anda sebagai kerangka acuan atau kriteria yang menjadi dasar untuk memeriksa semua yang lain.
3.Dahulukan yang harus didahulukan, yaitu hal-hal paling penting dan tidak boleh berada dibawah kekuasaan hal-hal yang paling tidak penting ( Goethe).
4. Berfikir menang atau menang adalah kerangka fikiran dan hati yang terus menerus mencari keuntungan bersama didalam semua interaksi manusia yang memberikan kesepakan dan solusi keuntungan, kepuasan yang timbale balik.
5.Berusaha mengerti lebih dahulu baru dimengerti.
6.Wujudkan Sinergi yaitu aktivitas tertinggi dari semua kehidupan yang berpusat pada prinsip.
7.Asahlah Gergaji adalah pribadi yang memlihara dan meningkatkan asset terbesar yang anda miliki dan mempengaruhu 4 dimensi sifat yaitu Fisik,Mental,Sosial/Emosional dan spiritual.
Buku ini menjelaskan tentang kebiasaan yang sangat efektif didalam kehidupan manusia serta memberikan solusi dari masalah-masalah kehidupan dan semua berpacu pada Prinsip,paradigma dan mental manusia. Keunggulan buku ini yaitu setiap bacaannya memberikan motivasi serta acuan bagi kehidupan, memberiakan asahan penting dari berbagai aspek. Sedangkan kelemahannya adalah penggunaan bahasa yang sulit dipahami karena berasal dari terjemahan bahasa lain, dan perlu dibaca berulang dan penuh konsentrasi.
Akhir resensi saya katakan      :
Bahwa orang hanya dapat mengalami keberhasilan yang sejati dan kebahagiaan yang abadi jika mereka belajar dan menginegritaskan prinsip ( integritas, kerendahan hati,kesetiaan, pembatasan diri, keberanian,keadilan,kesabaran,kerajinan kesederhanaan dan kesopanan) dalam karakter dasar.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sastra Indonesia Angkatan 70'an

Makalah Penelitian Keterbacaan

Duta Universitas Negeri Jakarta